Jika dihitung-hitung, waktu yang kamu habiskan di bangku sekolah terbilang singkat. Namun, dalam waktu yang singkat itu, kamu punya banyak sekali peluang untuk mengembangkan kualitas dirimu, dan peluang tersebut hanya bisa kamu dapat di masa sekolah. Program pertukaran pelajar atau student exchange adalah salah satunya.

Sebagai seorang pelajar, punya kesempatan untuk menuntut ilmu di luar negeri tentunya akan sangat menggenjot reputasimu dari segi akademik dan non-akademik. Bertemu dengan teman-teman berbeda latar belakang budaya serta bahasa dan tinggal jauh dari orang tua akan membentuk karakter yang tangguh, mandiri, dan cepat beradaptasi. Inilah di antara faedah terbesar yang bisa kamu dapat lewat pertukaran pelajar.

Ada begitu banyak program pertukaran pelajar yang bisa kamu ikuti selagi di bangku sekolah. Program-program yang ditawarkan pun mempunyai fokus yang berbeda pula. Untuk lebih lengkapnya, berikut program-program pertukaran pelajar yang bisa kamu ikuti agar masa sekolahmu fenomenal.

Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study Program (YES)

Foto: VOA Indonesia

KL-YES merupakan program yang ditujukan untuk para pelajar SMA dari negara-negara dengan populasi Muslim dominan. Dalam program ini, para peserta akan mendapat kesempatan untuk belajar di Amerika selama satu tahun. Mereka juga akan tinggal bersama orang tua asuh di sana.

Dengan mengikuti program ini, kamu akan berkesempatan untuk belajar mengenai kepemimpinan, budaya, dan kehidupan masyarakat Amerika. Sebaliknya, ini juga menjadi kesempatan berhargamu untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat setempat.

Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN)

Foto: IKYEP 2014

PPAN merupakan program kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan negara-negara sabahat. Program ini dikelola oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan telah diselenggarakan semenjak 1973.

PPAN terbagi menjadi 6 program, yaitu SSEAYP (Ship for South East Asia Youth Program), ICYEP (Indonesia-Canada Youth Exchange Program), AIYEP (Australia-Indonesia Youth Exchange Program), IMYEP (Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program), ICHYEP (Indonesia – China Youth Exchange Program), dan IKYEP (Indonesia – Korea Youth Exchange Program).

Masing-masing program memiliki durasi dan aktivitas yang berbeda. Namun secara garis besar, program tersebut bertujuan untuk menciptakan calon-calon pemimpin bangsa yang punya wawasan global, mempererat kerjasama antara Indonesia dengan negara sabahat lewat para pemuda, dan sebagai sarana pertukaran budaya.

Karena nantinya kamu akan berperan sebagai perwakilan bangsa, proses seleksi program ini pun akan sangat ketat. Di samping harus memiliki wawasan luas terkait isu-isu internasional, kamu juga harus punya kemampuan Bahasa Inggris yang mumpuni. Untuk batasan usia, setidaknya kamu sedang duduk di bangku SMA atau sederajat.

Youth For Understanding (YFU)

Foto: www.yfuyesnortheast.wordpress.com

YFU adalah sebuah organisasi internasional yang menyelenggarakan program pertukaran pelajar ke 64 pilihan negara dan telah berdiri semenjak tahun 1951. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelajar dari segi kemampuan berkomunikasi, berkarir, dan berkompetisi secara global.

YFU menawarakan 3 program pertukaran pelajar yaitu Program Year (PY), Community College Program (CCP), dan Summer Program. PY adalah program yang dikhususkan untuk pelajar tingkat SMA (15-17 tahun) dengan durasi satu tahun akademik. Selama pelaksanaan program, kamu akan tinggal dengan orang tua asuh dan menyatu dengan penduduk lokal.

Berbeda dengan PY, CCP adalah program untuk pelajar yang sudah lulus SMA (17-23 tahun). Dalam program ini, kamu akan berkesempatan untuk tinggal dan belajar di salah satu community college di Amerika selama 2 tahun.

Sementara Summer Program adalah program dengan durasi paling singkat, yaitu 2-4 minggu. Dalam program ini, kamu akan belajar mengenai budaya di negara tujuanmu lewat kegiatan-kegiatan musim panas. Kamu juga akan tinggal bersama orang tua asuh di sana. Dan batasan usia untuk program ini adalah 15-18 tahun.

AMINEF Global Undergraduate Exchange Program (Global UPGRAD Program)

Foto: www.aminef.or.id

Global UPGRAD Program adalah program pertukaran pelajar selama satu semester ke Amerika untuk para mahasiswa.

Selama program ini, kamu akan tinggal di asrama kampus bersama mahasiswa Amerika lainnya. Kamu juga akan terlibat aktif dalam program-program kemasyarakatan setempat.

Untuk mengikuti program ini, setidaknya kamu sudah melewati satu semester masa perkuliahan. Kamu juga harus membuktikan kemampuan Bahasa Inggrismu dengan skor TOELF minimal 500.

Experiential Study Tour

Foto: Vooya

Experiential Study Tour adalah program study tour yang lebih dari sekedar sightseeing. Dalam program ini, kamu bisa mengeksplor dan menemukan passion-mu lewat serangkaian workshop lintas disiplin ilmu. Selama 10 hari, kamu akan belajar tentang ilmu sosial, kesenian, olahraga, teknologi dan sains langsung dari para ahli di masing-masing bidang.

Program ini menawarkan 3 pilihan destinasi tour yang sangat menarik yaitu Inggris, Jepang, dan Australia. Tidak hanya itu, kamu juga akan berkesempatan untuk mengunjungi kampus-kampus terkenal di masing-masing destinasi seperti University of Oxford, University of Tokyo, atau University of Sydney.

Itulah sedikit dari sekian banyak program pertukaran pelajar yang hanya bisa kamu cicipi di bangku sekolah. Tidak mudah memang untuk bisa mengikuti salah satu program tersebut. Proses seleksi yang ketat hingga jumlah peserta yang terbatas cenderung mengurungkan semangatmu untuk mencoba. Namun, jika kamu ingin menjadikan masa sekolahmu fenomenal, satu-satunya pilihan yang kamu miliki hanyalah berusaha dan bekerja lebih keras. Waktu yang biasa kamu gunakan untuk bermain DOTA atau Mobile Legend sepulang sekolah mungkin bisa kamu alihkan untuk kursus Bahasa Inggris. Atau mungkin, kamu bisa meningkatkan kecakapan berkomunikasimu lewat kegiatan-kegiatan ekskul di sekolahmu.

SHARE

Login

Forgot Password? New Customer? Register here.
-->