Saat kamu baru lulus SMA, sebagian dari kamu mungkin sudah langsung tahu mau pilih jurusan apa buat kuliah nanti. Umumnya jurusan-jurusan yang dipilih pun tidak jauh-jauh dari kedokteran, teknik, ekonomi, atau komunikasi. Alasan permilihan jurusan juga berbeda-beda. Satu hal yang cenderung sama adalah harapan akan karir masa depan yang cerah selepas kuliah.

Namun, tidak sedikit dari kamu yang merasakan kegalauan yang teramat besar saat hendak memutuskan memilih jurusan kuliah. Kamu merasa jurusan-jurusan yang terbilang populer di tengah masyarakat atau di kalangan teman-temanmu sama sekali tidak menarik minatmu. Mungkin kamu punya bakat atau passion dalam bidang tertentu. Dan kamu ingin menekuni dan berkarir di bidang tersebut. Sayangnya, kamu tidak menemukan wadah untuk mendalaminya. Akankah kamu menyerah dan memilih jurusan-jurusan yang sebenarnya bertentengan dengan kata hatimu?

Jangan patah semangat dulu! Seiring perkembangan zaman, kebutuhan manusia pun semakin meningkat. Dengan meningkatkatnya kebutuhan manusia, jurusan-jurusan kuliah pun berkembang pesat. Bahkan bidang keilmuan yang selama ini tidak pernah terbayang oleh mu akan dipelajari di dunia kampus, mungkin sekarang sudah bisa kamu temui.

Agar referensimu dalam memilih jurusan jadi lebih variatif, berikut 4 jurusan baru yang belum begitu familiar di telinga namun punya prospek karir yang cukup menjanjikan.

Comic Art

Photo by Lena Orwig on Unsplash

Kamu punya hobi bercerita lewat gambar. Di antara tokoh idolamu adalah Stan Lee. Dan kamu punya impian untuk membuat karya fenomenal seperti Iron Man atau Captain America. Tidak diragukan lagi, jurusan comic art adalah jurusan yang paling pas buat kamu.

Sebagai mahasiswa comic art, kamu akan belajar tentang teknik coloring, pembentukan karakter serta penyusunan storyboard dan alur cerita yang memikat para pembaca.

Setelah lulus, kamu bisa melanjutkan karirmu sebagai seorang komikus, ilustrator, atau penulis komik.

Cyber Security

Photo by Alvaro Reyes on Unsplash

Perkembangan teknologi komputer yang sangat pesat memang memberi banyak kemudahan dalam kehidupan. Namun di sisi lain, permasalahan baru pun muncul. Jika sebelum era digital tindak kejahatan hanya terjadi di dunia nyata, saat ini dunia maya seperti menjadi lahan baru bagi pelaku tindak kriminal.

Untuk melindungi keamanan di dunia maya, pengetahuan tentang cyber security adalah hal yang teramat penting. Oleh karena itu, cyber security menjadi salah satu jurusan baru yang sangat dibutuhkan di era ini, terutama bagi perusahaan-perusahaan dan institusi pemerintah yang rentan menjadi target serangan dunia maya (cyber attacks).

Jurusan cyber security memadukan berbagai subjek dalam perkuliahannya. Di jurusan ini, kamu akan belajar mengenai kriminologi, peradilan pidana, kejahatan ekonomi, dan ilmu komputer (computer science).

New Media Studies

Photo by Christian Wiediger on Unsplash

Kamu punya hobi berselancar seharian di media sosial, memikirkan cara mengambil foto yang artsy buat mempercantik feed Instagram kamu, dan kamu suka nge-blog atau nge-vlog, jurusan new media studies sangat cocok buat kamu.

New media studies merupakan jurusan yang masih muda. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari perkembangan dan evolusi media hingga memasuki era digital. Jika kamu adalah bagian dari generasi milenial, kamu akan mendapatkan keterampilan yang sungguh relevan dengan zaman mu seperti video making, blogging, e-journalism dan script-writing, serta keterampilan story-telling lewat media sosial.

Setelah lulus, kamu bisa memulai karirmu di media broadcasting seperti TV atau Radio, menjadi blogger atau content creator, produser, jurnalis, serta profesi-profesi lain yang berkaitan dengan industri media dan kreatif.

Bakery Science

Photo by Taylor Grote on Unsplash

Pernah kebayang gak kalau bikin roti bisa jadi sebuah jurusan kuliah? Sekarang udah gak perlu dibayangin lagi karena memang ada jurusan tentang bikin roti yaitu bakery science.

Di jurusan ini, kamu akan belajar mengenai seluk-beluk industri roti seperti pengetahuan tentang proses produksi serta fungsi dan kandungan dari bahan-bahan pembuat roti. Tidak hanya belajar teori, kamu juga akan melakukan serangkaian kelas praktikum. Dari sini, kamu akan memperoleh keterampilan untuk membuat produk roti dengan kualitas tinggi.

Selanjutnya, kamu juga akan belajar mengenai konsep bisnis dan manajemen agar produk yang kamu jual bisa laku di pasaran. Kamu juga akan mendapat keterampilan teknis agar sukses dalam menjalankan sebuah usaha bakery.

Peluang karirnya pun terbilang menarik. Lulusan bakery science bisa meniti karir sebagai pengusaha katering, pengusaha bakery, hingga produsen makanan.

Memang belum semua kampus di Indonesia menawarkan jurusan-jurusan di atas. Akan tetapi, sejumlah universitas sudah ada yang menawarkan beberapa matakuliah menarik yang berkaitan dengan salah satu dari empat jurusan tersebut.

Jika kamu masih bingung menentukan jurusan apa yang benar-benar cocok dengan minat dan bakatmu, kamu masih punya waktu untuk mengeksplor berbagai disiplin ilmu lewat experiential study tour.

Experiential study tour adalah sebuah program study tour ke kota-kota paling inspiratif dunia seperti London, Tokyo, dan Sydney. Tidak hanya sekedar sightseeing, dalam experiential study tour, kamu akan melewati serangkaian workshop lintas ilmu seperti sains, ilmu sosial, seni, dan olah raga. Dengan belajar langsung dari para ahli di masing-masing disiplin ilmu, kamu akan memahami potensi sesungguhnya yang kamu miliki. Dengan demikian, kamu akan mendapat kemudahan dalam memetakan rencana masa depan mu seperti memilih jurusan kuliah hingga profesi yang hendak kamu tekuni.

SHARE

Login

Forgot Password? New Customer? Register here.
-->